Dah lumayan lama nga update foodlog saya ini :D alasannya sih karena males ngetik aja :D Kali ini saya mo majang foto roti hasil buatan saya sendiri yang namanya hotel bread... resep itu saya temukan saat saya asik browsing sana sini dan ditulis dalam bahasa Jepang. Wadduuuhhh... saya nga bisa bahasa Jepang, tapi foto-foto roti itu bener-bener bikin saya kepengen membuatnya. Mau cari temen yang pinter bahasa Jepang untuk menterjemahkannya kayaknya nga enak banget :P Akhirnya saya putuskan pakai google translate dan babel fish translation untuk menterjemahkan resep tersebut ke dalam bahasa Inggris.... weww... bahasanya acak-acakan dan menghasilkan arti-arti yang aneh kalo diterjemahkan kembali ke dalam bahasa Indonesia :P tapi yang penting bahan-bahan yang dibutuhkan dapat dengan jelas terbaca trus kan ada gambarnya juga :D dan pastinya cara pembuatannya sama saja dengan pembuatan roti umumnya.

Hotel Bread


Untuk hotel bread ini saya menguleninya pakai tangan :D lumayan deh pegelnya itung-itung olah raga tangan :D Dan setelah roti matang dan diiris-iris seperti roti tawar iris trus dicoba makan... hasilnya adalah rotinya tidak lembut dan tekstur rotinya agak kasar, menurut saya cocok banget dijadikan roti bakar yang diisi dengan selai, peanut butter, mentega/margarin, meses, keju atau juga dibuat roti sandwich yang dapat diisi sesuai selera kita. Buat teman-teman yang tertarik membuat hotel bread ini, ayoooo silakan dicobain... ^___^

Hotel Bread


Update :
Karena banyak email yang menanyakan resep hotel bread ini, maka saya coba untuk menulis resep dalam bahasa Indonesia, jika ada kata-kata yang salah atau kurang harap dimaklumi ya :D

Bahan :
200 g tepung terigu protein tinggi (tepung cakra)
10 gr susu bubuk fullcream
¾ sdt garam
5 gr ragi instant (fermipan)
15 gr gula pasir halus
10 gr mentega/margarin
1 butir telur (pilih yang agak kecil)
120 ml air hangat

Cara Membuat :
1. Larutkan ragi dengan sebagian gula ke dalam air hangat dan biarkan sekitar 5 menit atau hingga berbusa.
2. Campurkan terigu, susu bubuk, garam, sisa gula dan mentega. Masukkan campuran ragi dan telur ke dalam campuran terigu, lalu uleni hingga adonan lembut dan elastis. Di awal-awal pengulenan, akan terasa lengket trus hingga lembut, tidak lengket ditangan dan elastis.
3. Diamkan adonan selama 45 menit atau hingga mengembang 2 kali dalam wadah tertutup. Tinju adonan hingga gas dalam adonan keluar dan bagi adonan menjadi 5 bagian, diamkan selama 10 menit.
4. Ambil 1 bagian adonan, kemudian bulatkan. Giling tipis dan gulung (seperti menggulung bolu gulung). Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan lainnya. Taruh ke dalam loyang loaf yang sudah diolesi margarin tipis dan diamkan lagi selama 30 menit.
5. Saat adonan mengembang setinggi ¾ loyang, gunting setiap bagian adonan (lihat gambar), lalu diamkan sekitar 10-15 menit.


Gambar adonan yang dipotong


6. Taruh mentega diatas potongan adonan tadi (lihat gambar).


Gambar adonan yang diberi mentega


7. Panggang adonan roti dengan suhu 180 °C hingga matang. Sajikan sesuai selera.


Gambar pada cara pembuatan hotel bread no. 5 dan 6 diambil dari hidehide.net


Written on 2007-06-13
Category: [bread]   - Comments [11]
Baked Spaghetti & CheeseCupcakesHotel BreadOpera CakeMoist Chocolate Cupcakes